Konsep Pasar Oligopoli
PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna, dimana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori ini adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan lainnya. Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli.
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
Adakalanya perusahaan dalam pasar oligopoli menghasilkan barang standar (standardized product). Industry dalam pasar oligopoli yang sedemikian sifatnya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah. Seperti produsen bensin, industri baja, aluminium dan industri bahan baku sperti industri semen dan bahan bangunan. Selain itu bayak juga perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoli yang menghasilkan barang-barang yang berbeda corak (diferentiated product). Barang-barang seperti pada umumnya adalah bahan akhir. Contoh dari pasar oligopoli yang menhasilkan barang akhir adalah industri mobil dan truk, industri rokok, industri sabun cuci dan sabun mandi.
2. Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh.
Dari dua kemungkinan ini, yang mana yang akan terwujud tergantung kepada bentuk kerjasama diantara perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoli. Tampa ada kerjasama, kekuasaan menentukan harga menjadi lebih terbatas. Apabila suatu perusahaan menurunkan harga, dalam dalam waktu yang singkat akan menarik banyak pembeli. Perusahaan yang akan kehilangan banyak pembeli akan melakukan tindakan balasan dengan mengurangi harga yang lebih besar lagi sehingga akhirnya perusahaan yang mula-mula menurunkan harga kehilangan langganan.
3. Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan
Iklan secara terus-menerus sangat dipelukan oleh perusahaan oligopoli yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pengeluaran untuk iklan biasanya besar sekali untuk perusahaan-perusahaan seperti itu. Tujuanya adalah untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Sedangkan untuk perusahaan yang menghasilkan barang standard biasanya tujuannya adalh untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
KURVA PERMINTAAN TERPATAH
Berdasarkan kencendrungan yang baru saja dijelaskan, yaitu mengenai reaksi perusahaan-perusahaan lain apabila suatu perusahaan oligopoli mengubah harga barangnya, maka dapatlah diterangkan bentuk kurva permintaan dari suatu perusahaan oligoppoli apabila dimisalkan perusahaan-perusahaan tidak melakukan persepakatan.
Keseimbangan Asal
Dalam gambar dibawah kurva D1 D2 mengambarkan permintaan yang dihadapi suatu perusahaan oligopoli apabila dimisalkan perusahaan-perusahaan lain tidak melakukan perubahan harga walaupun perusahaan pertama tidak melakukan hal itu. Sedangkan D2 D2 adalah permintaan yang dihadapi suatu perusahaan oligopoli apabila dimisalkan perubahan harga yang dilakukannya akan di ikuti oleh langkah yang sama oleh perusahaan-perusahaan lain. Seterusnya misalkan pada permulaanya harga yang berlaku di pasar adalah P0 maka jumlah permintaan adalah seperti yang ditunjukkan oleh titik E, yaitu jumlahya adalah sebanyak QO
Belum ada Komentar untuk "Konsep Pasar Oligopoli "
Posting Komentar