Pengantar Manajemen: Sistem Informasi Manajemen


Pengertian Sistem informasi 

Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu kumpulan hardware (perangkat keras) dan juga software (perangkat lunak) yang dirancang agar dapat mentransformasi data ke dalam bentuk informasi digital yang berguna dalam melakukan perencanaan dan pengendalian.

Klasifikasi Sistem Informasi 

Klasifikasi sistem informasi adalah suatu bentuk kesatuan antara satu komponen dengan satu komponen lainnya, karena tujuan dari sistem tersebut memiliki akhir tujuan yang berbeda untuk setiap perkara atau kasus yang terjadi dalam setiap sistem tersebut. Sehingga sistem tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa sistem, diantaranya yaitu: 

1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik Sistem Abstrak (Abstract System) 

Merupakan sistem yang berupa suatu konsep atau gagasan, atau sistem yang berupa suatu ide-ide atau suatu pemikiran yang bersifat non fisik yaitu tidak terlihat secara fisik. Contohnya seperti Teologi yaitu suatu ilmu tentang ketuhanan atau suatu gagasan maupun suatu pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Sistem Fisik (Physical System) merupakan sistem yang terlihat secara fisik contohnya seperti sistem akuntansi, sistem transportasi, sistem komputer, sistem produksi, dan lain-.lainnya 

2. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik Sistem Deterministik (Deterministic System) 

Merupakan suatu sistem yang bergerak atau beroperasi dengan cara yang dapat diperkirakan secara tepat, dan dapat mengetahui interaksi yang terjadi pada setiap bagian-bagiannya. Contohnya yaitu sistem komputer. Sistem Probabilistik (Probabilistic System) merupakan suatu sistem yang tidak dapat memperkirakan hasil akhirnya atau kondisi masa depannya secara tepat karena memiliki unsur probabilitas (kemungkinan atau tidak tentu). Contohnya seperti sistem persediaan barang, sistem pemilihan presiden, dan lain sebagainya. 

3. Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup Sistem terbuka (Open System) 

Merupakan sistem yang berhubungan dan mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar untuk mendapatkan inputan dan melakukan proses sehingga menghasilkan keluaran. Contohnya sistem keorganisasian. Sistem tertutup (Close System) kebalikan dari sistem terbuka, yaitu sistem yang tidak behubungan dan tidak mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar, sehingga sistem ini bekerja tanpa adanya campur tangan dari lingkungan luar. Contohnya reaksi kimia dalam sebuah tabung. 

4. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Sistem Alamiah (Natural System) 

Merupakan sistem yang terjadi karena proses-proses alam tanpa adanya campur tangan manusia. Contohnya seperti rotasi perputaran bumi, sistem tatasurya, dan lain sebagainya. Sistem Buatan (Human Made System) merupakan sistem yang dirancang oleh manusia atau merupakan sistem yang proses terjadinya melibatkan campur tangan manusia. Sistem ini juga melibatkan mesin, sehingga sering kali disebut Human Machine System. Contohnya Sistem komputer. 

5. Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks Dilihat dari tingkat kerumitannya sistem juga dapat dibagi menjadi sistem sederhana dan sistem kompleks. Contoh dari sistem sederhana yaitu sistem yang ada pada sepeda, sedangkan contoh dari sistem kompleks yaitu terjadi pada otak manusia.

SUMBER INFORMASI

Tipe-tipe dari sumber informasi: 

Informasi umum, informasi dari para spesialis, para pemakai, fasilitas-fasilitas, database, software, hardware. 

1. Informasi Sebagai Sumber Strategis Merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif. Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya. 

2. Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan : 

  • Informasi yang menerangkan kebutuhan produk 
  • Informasi yang menerangkan penggunaan produk 
  • Informasi yang menerangkan kepuasan produk 
Keuntungan kompetitif dicapai apabila: 

  • Terjalinnya hubungan yang baik antara elemen-elemen 
  • Diperlukan arus informasi dengan semua elemen-elemen lingkungannya 
  • Pentingnya efisiensi operasi internal 

3. IOS (Interorganizational Information System) 

IOS merupakan sistem informasi yang digunakan oleh lebih dari satu perusahaan. IOS fasilitator bertugas : menunjukkan para peserta bahwa dengan bekerja dalam sistem tsb mereka akan memperoleh keuntungan kompetitif. 

4. CIO (Chief Information Officer) 

Kepala bagian Informasi turut berperan dalam pembuatan keputusan penting dalam perusahaan & memberi laporan langsung ke eksekutif. Sebutan lain dari CIO : Direktur SIM, Vice President SIM Tugas CIO : 

  • Mempelajari bisnis & teknologinya 
  • Menjalin kemitraan dengan unit bisnis & manajemen 
  • Fokus memperbaiki proses bisnis dasar 
  • Memperkirakan biaya sistem informasi dalam bisnis 
  • Membangun kredibilitas dengan mengirim service yang terpecaya. 

Informasi akan digunakan sebagai keuntungan kompetitif. Ada tiga tahap yaitu : 

1. Era Perencanaan Pra Is Strategis 

Yaitu perencanaan sumber informasi yang pertama dilakukan oleh manjer dari unit pelayanaan informasi. 

2. Era Spir Awal 

Yaitu melakukan pedekataan atau cara top-down terhadap perencanaan dengan menyari bahwa langkah pertama adalah menentukan tujuan organisasi. 

3. Era Modern 

Yaitu mengunakan sumber-sumber informasinya,namun status sumber-sumber tersebut juga mempengaruhi rencana strategis dari keseluruhan organisasi

Manajemen dan Strategis End User Computing 

Manajemen dan Strategi End User Computing 

Tugas perusahan adalah untuk menetapkan kebijaksanaan End User Computing yang memberikan fleksibitas kepada pemakai untuk melakukan inovasi dalam pengunaan computer.namun juga harus menentapkan kotrol untuk memastikan bahwa penggunaan tersebut mendukung tujuan perusahaan. 

Hubungan Sistem Informasi 

Hubungan Sistem Informasi dengan organisasi sangatlah erat, bahkan keduanya hampir tidak bisa di pisahkan. Organisasi sangat membutuhkan informasi penting untuk menjalankan kinerja yang terdapat pada organisasi tersebut, tidak lain dan tidak bukan organisasi juga memiliki pengaruh penting dalam sebuah sistem informasi tersebut. Ini dilihat dari keputusan-keputusan yang telah dibuat oleh seorang manajer dan karyawan yang terdapat dalam organisasi tersebut dalam mengolah informasi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Pengantar Manajemen: Sistem Informasi Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel